Membangun rasa percaya diri

March 15, 2011

Versi Bianezmo ( Ini Bukan COPAS )
Percaya diri adalah modal utama sukses. Sementara rasa rendah diri adalah racun bagi kesuksesan. Tau ga, kenapa aku bilang racun ???
Ya iya lah... soalnya, aku kasih tau ya... orang yang rendah diri tu gak akan dikasih tempat di dunia. Rendah diri disini diartikan orang yang pesimis. Orang yang rendah diri hidudnya terasa dingin membeku kaya es. Hahaha. Gamaun kan??? Ehm, bukan Cuma itu, hidupnya juga tidak menyenangkan dan penuh caci maki. Penuh keraguan dan pikiran negatif. Truz dampak jeleknya bakal dirasain sama dia sendiri. Ia bakal terkena racun pikiran negatifnya sendiri. Kehidupan juga tersa gelap gulita padahal disekelilingnya penuh dengan kerlipan cahaya kesuksesan...

Lalu apakan aku sendiri termasuk orang yang percaya diri. Sedikit sharing. Aku juga kadang-kadang suka minder dengan kelemahan yang dimiliki. Banyak hinaan dan cacian yang bikin aku ngerasa paling rendah sedunia.
Tapi kalian tau gak sihhhh, dari sana aku bisa jadi orang yang cuek. Sebelas dua belas lah sama percaya diri. Hehehehe ( cuek = pede )... fokus aza pake KACA MATA KUDA. Gaqk peduli orang lain mau bilang apa. Sikap seperti ini aku dapat dari sang inspirator ... haha siapa lagi kalau bukan Agnes Monica. Dan semua ini bikin aku tambah pede dalam melakukan sesuau....

Ya uda dehhh, sekarang kita bahas langsung z... gimana caranya biar kita bisa lebih percaya diri dalam bertindak. Tapi sebelumnya kita perlu tau dulu karakteristik orang yang percaya dirinya bagus... simak yuaaahhhh... hihihi JJJJ

1)      Bersifat lebih independen, artinya tidak terlalu bergantung kepada orang lain.
2)      Mampu memikul tanggung jawab yang diberikan.
3)      Menghargai diri dan usaha yang telah dilakukan ( sekecil apapun )
4)      Tidak mudah frustasi / putus asa
5)      Mampu menerima tantangan atau sesuatu yang baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
6)      Memiliki emosi ( optimisme ) yang lebih hidup, tapi tetap stabil.
7)      Mudah berkomunikasi dan membantu orang lain

Naaaaah, karakteristik diatas apakah sudah ada semua dalam diri kita?? Atau bahkan tidak ada sama sekali. Yo wes, ora sieun !!!
Pahami dan lakukan tips – tips berikut ini yaaa....kalo emang kalian pengen bankit. Tapi bukan bangkit dalam kubur. Tar dikira pocong. Wkwkwkwkwkw.

1)      Duduklah selalu di kursi terdepan
Lho kenapa???  Hahaha. Its a must !!
Dalam setiap pertemuan baik dalam rapat atau acara yang lainnya pasti kursi paling belakang terisi penuh lebih dulu. Bener kan??
Nah mulai sekarang duduklah dibarisan paling depan. Soalnya bisa numbuhin rasa percaya diri kita. Sama halnya duduk diruang kelas. Tau gak?? Dari semenjak SMP sampe SMA aku juga udah duduk dibarisan terdepan di kelas. Dan manfaatnya udah bisa dirasain sekarang. Hehehehe. www.sombong.com. (tenanaon ah saetik).
2)      Biasakan mengadakan kontak mata
Jangan sesekali menghindari pandangan orang  lain. Ketika mengadakan kontak mata dengan orang yang diajak bicara bisa   ngebuat orang tersebut percaya terhadap kita.  Bahwa kita bukan penakut atau pemalu. Jika orang lain sudah percaya kepada kita tentu kita juga akan percaya pada diri kita sendiri. Bener kan?
3)      Berjalan 25% lebih cepat
Udah jadi kebiasaan orang Indonesia lambat dalam segala hal. Gak mau kan dicap kayak gitu lagi. Bergerak lebih cepat bisa ningkatin ke-PD-an lho. Hal ini udah dibuktikan oleh para psikolog. Postur yang ceroboh dan cara berjalan yang lamban akan menimbulkan rasa tidak menyenangkan terhadap diri sendiri. Ini fakta lho....
Tapi bila kita bener2 mengubah sikap dengan merubah postur dan kecepatan bergerak, tegakkan bahu, angkat kepala, bergerak maju sedikit lebih cepat dan rasakan kepercayaan diri mulai berkembang. Suer dech ini tuh ngaruh banget!!!!
4)      Berani berbicara dan praktekan bicara terus terang.
Udah tau kan maksudnya. Gak perlu panjang lebar dech, dimulai dari bicara (berargumen) dalam setiap pertemuan. Jangan malu, tiap kali orang pemalu gagal berbicara, ia akan semakin inferior (rendah diri/pesimis). Kalian harus tau nih, berbicara merupakan vitamin untuk membangun kepercayaan diri. Bicara disini bukan bicara yang asal yah. Ini lebih kepada berpendapat dan opini-opini lain yang kita ajukan dalam setiap pertemuan.
5)      Tersenyum lebar.
Tersenyum bukan Cuma ibadah lho. Selain bikin kita awet muda tersenyum juga bisa bikin kita PD. Karena senyum itu bisa ngalahin ketekutan. Tapi jangan asal senyum aja. Harus tau waktu juga. Hehehe. Tersenyumlah bila ada kesempatan. Dan senyum yang tulus dari hati bakal ngilangin kesan jelek dalam diri kita.
6)      Evaluasi diri secara objektif
Belajar dari kesalahan adalah obat yang ampuh untuk bisa lebih baik. Ya, setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Maka belajarlah untuk menilai diri sendiri secara objektif dan jujur. Liat apa yang telah diraih oleh kita dan lihat pula kesalahan dalam diri. Bila kita sudah bisa menilai diri sendiri pasti deh kita bakal ngerti apa yang bakal dilakuin. Dari sana, tanpa kita sadari kepercayaan diri akan tumuh.
7)      Beri penghargaan pada diri sendiri
Syukurilah sekecil apapun yang kita dapat dan yang kita punya serta hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang kita miliki. Semua itu didapat mealui proses belajar. Semua dimulai dari hal yang terkecil. Dan apabila kita sudah bisa menghargai sesuatu yang kecil suatu saat semua itu akan berevolusi dan menjadi hasil yang besar. Mau kan???
8)      Gunakan SELF-AFFIRMATION
Bila kita sedang mencoba hal yang baru gunakan kata-kata yang bisa bikin kita semangat, seperti
-          Saya pasti bisa
-          Orang lain saja bisa, kenapa saya tidak
Nah, kata-kata seperti itu harus diperbanyak dalam bertindak. Karena dengan keyakinan seperti itu kita bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Good lah.......
9)      Positive thingking
Berpikir positif dalam segala hal. Jangan ada kata “sial” dalam diri. Karena kesiaan sebenarnya tidak ada bila kita tidak mengatakannya. Gagal itu wajar, dengan berpikir jernih tentu kegagalan ini bisa menjadi jembatan kesuksesan. Kan pribahasanya juga ada, “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. Nah gitu dong jangan berpikir negative terus. Kejelekan gak semuanya menyakitkan.
10)   Berani mengambil resiko
Ini tuh masih sama sih dengan point 9. Intinya dalam melakukan segala sesuatu  jangan melihat kedepannya bakal seperti apa. Karena sebenaranya kesuksesan itu dilihat dari prosesnya. Banyak orang yang kaya raya tapi kekayaannya itu didapat dari warisan. Bisa dikatakan sukses ga? Gak donk. Sukses itu dihasilkan dari jerih payah kita sendiri bukan pemberian orang dan sukses itu tidak bisa di beli. Nah jadi jangan takut akan hasil apa yang didapat nanti. Bila kita takut sampai kapan kita akan diam terus. Segala sesuatu perlu perjuangan dan untuk meraihnya pasti ada banyak tantangan dan rintangan. Bia kita berani mengambi reiko dengan sendirinya raasa percaya diri untuk sukses tumbuh. Dalam menyelesaikan tindakanpun akan sungguh2. Kebayang donk hasil usaha nanti bila udah percaya diri dan sungguh2 pasti memuaskan deh.


Yuk!!! Mulai sekarang tumbuhkan rasa percaya diri. . . . .
Good luck !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

1 komentar:

Post a Comment

About Me

My photo
I was small ... but I'll try to be a rainbow in the sky .. who can see everyone ...